Thursday, February 10, 2011

Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Kamus Dewan Bahasa Malaysia


Tidak dapat dipungkiri lagi bahawa kamus sangat penting dalam kehidupan manusia, bukan hanya dalam dunia pendidikan bahkan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama, apalagi jika lawan interaksi kita adalah orang yang berbeda budaya dan bahasanya, agar tidak terjadi kesalahfahaman. Contohnya antara bahasa Indonesia dengan bahasa Malaysia, banyak perkataan yang sama tapi mempunyai makna yang jauh berbeda, misalnya: butuh dalam bahasa Indonesia artinya perlu, sedangkan dalam bahasa Malaysia berarti "kemaluan lelaki". Jadi hati-hati memakai perkataan butuh di Malaysia. Arti yang sama sebenarnya digunakan juga dalam bahasa daerah di Indonesia, di antara bahasa bugis ada juga menggunakan kata butoh (vokal o) untuk kemaluan lelaki...he he. Dan banyak lagi perkataan yang lain. lebih jelasnya silahkan baca sendiri di dalam kamusnya.

Bagi orang Indonesia dan orang Malaysia, kamus sangat perlu dimiliki ialah kedua-dua kamus yang akan saya berikan linknya di bawah ini:

Pertama, Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam bentuk PDF, keistimewaannya dapat dijadikan bahan rujukan dalam tulisan ilmiah, kekurangannya susah mencari kata, harus dibuka satu persatu.

Kedua, Kamus Dewan Bahasa (Malaysia), dalam bentuk program, tidak perlu diinstal, mudah untuk mencari perkataan dengan hanya mengetik perkataan yang diperlukan, namun demikian tidak bisa dijadikan bahan rujukan dalam tulisan ilmiyah karena tidak dinyatakan nomor halamannya.

Silahkan mendownloadnya secara free dengan mengklik nama kamusnya sebagaimana berikut:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia-2008.PDF

2. Kamus Dewan Bahasa Malaysia

La tansanaa bi al-Du’a.

Wassalam.
Abu Huda el-Bugisy

2 comments:

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia yang memiliki fasilitas search sudah ada. lihat di sini: http://ebsoft.web.id/kbbi-offline-1-3-perbaikan-tambahan-fitur/

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete